Sleep Tight

Bismillah.

Sudah malam, mata sudah meminta diberi jatah istirahatnya melalui tidur. Lalu frase ini muncul meminta untuk dituliskan, sama seperti mata yang meminta istirahat, blog ini juga sudah saatnya minta diisi.

Sleep tight, memiliki arti yang sama dengan sleep well, atau sleep soundly, atau sleep properly. Dalam bahasa indonesia bisa diartikan tidur nyenyak. Ada beberapa penjelasan asal frase sleep tight yang dijelaskan di web phrases.org.uk, salah satunya karena kesamaan rima antara kata night dan tight. Ya, frase sleep tight biasa diucapkan setelah good night. Bentuk harapan, atau doa, semoga ia bisa tidur nyenyak malam itu.

***
from @sabtulis

Good night, sleep tight..

Tahukah? Ternyata kualitas tidur yang baik akan mempengaruhi hidup kita? Saat kita tidur nyenyak, esok harinya tubuh kita lebih segar dan siap beraktivitas lagi. Sebaliknya, jika kita tidak bisa tidur, atau tidur tetapi tidak nyenyak, entah itu karena mimpi buruk, atau suhu yang tidak nyaman (terlalu dingin, atau panas), esoknya pasti akan mempengaruhi hari kita.

Sleep tight adalah salah satu hal yang perlu kita syukuri. Jika belum pernah insomnia, atau merasa kurang tidur, mungkin nikmat tidur nyenyak belum terlalu terasa. Namun sekali saja kita merasakan kurang tidur, atau kesulitan tidur... kita akan begitu menghargai satu malam saat kita tidur nyenyak dan terbangun dalam keadaan segar.

Sleep tight bukan bicara tentang kualitas. Karena terlalu banyak tidur, seringkali justru membuat badan lemas, dan kantuk yang masih bersarang. Karena bisa saja, seseorang yang tidur lima belas menit nyenyak, dan yang tidur tiga jam, tidak nyenyak.

Sleep tight juga bukan hal yang bisa dibeli dengan uang. Kasur super empuk, kamar bersih dan wangi tidak selalu menjamin kita tidur nyenyak. Bahkan bisa jadi, anak kecil yang tidur di gerobak sampah kosong lebih nyenyak tidurnya ketimbang konglomerat yang kasurnya bernilai jutaan. Semakin dewasa, semakin banyak kesibukan, dan semakin banyak hal yang dipikirkan, menjadikan tidur nyenyak salah satu nikmat yang dikejar. Berbagai produk dijual dan laku, karena banyak yang mencari cara agar bisa tidur nyenyak. Baik itu kasur, bantal, essence, juga obat yang membantu otak agar mengirim sinyal kantuk untuk mereka yang sulit tidur. Pengurangan interaksi dengan gadget juga bisa jadi salah satu trik agar bisa tidur nyenyak.

Islam juga menawarkan step by step untuk tidur nyenyak, tidur yang bisa bernilai ibadah, karena kita memenuhi hak tubuh untuk istirahat, agar kemudian hari bisa bekerja lagi, sebagai bentuk pengabdian padaNya. Mulai dari mengambil air wudhu, miring ke kanan, sampai doa dan dzikir sebelum tidur. Jika tidak terbiasa memang terkesan ribet, tapi sebenarnya tidak perlu dibuat rumit. Biasakan satu persatu, minimal doa sebelum tidur yang mungkin pernah kita hafal sewaktu kecil. Bismika allahumma ahya wa amut. Dengan nama Engkau Ya Allah yang Menghidupkan dan mematikan.

Good night, sleep tight~

***

Keterangan:

Tulisan ini merupakan bagian dari #sabtulis. Apa itu sabtulis? Sabtulis adalah gerakan menulis di hari Sabtu bagi sobat yang ingin menjadikan malam minggunya lebih produktif, melatih kemampuan menyampaikan gagasan atau mengekspresikan diri melalui tulisan, serta membentuk kebiasaan baik dalam menulis. Mari ikutan!


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.