Sooner or Later

Sooner or later merupakan frase bahasa inggris yang artinya cepat atau lambat. Biasanya diikuti harapan atau fakta yang akan terjadi. 

***


Sooner or later you'll find yourself. Cepat atau lambat kamu akan menemukan dirimu sendiri. 

Mengenal diri itu membutuhkan proses. Seperti mengenal orang lain, mengenal diri juga membutuhkan pendekatan. Kita memperhatikan diri kita sendiri, mencari karakter kuat dan kelemahan kita. Mencari tahu bakat, talenta dan passion kita. 

Mengenal diri butuh proses penerimaan. Menerima kelemahan dan mengoptimalkan kekuatan. Mengenal diri, bukan hanya terkait rupa fisik, bukan cuma karakter, tapi juga jalan hidup yang sudah terjadi. Karena dalam proses mengenal diri, kita tahu... ada masa lalu yang terikat. Kita ditakdirkan lahir di keluarga yang seperti apa. Tumbuh dan besar di lingkungan yang seperti apa. Kegagalan dan pencapaian yang dilalui. Kesempatan yang diambil dan membuahkan hasil. Pun kesempatan yang terlewat dan membuahkan sesal. 

***

Sooner or later.. cepat atau lambat. Kita mungkin belum tahu, berapa waktu yang diperlukan. Tapi kita berusaha percaya dan yakin bahwa itu akan terjadi dan hadir. It takes time. Butuh waktu. Butuh proses dan progres. Sooner or later. 

Kalau kita tidak menyerah dan terus berusaha dan berdoa, sooner or later, kita akan melihat hasilnya. 

Daripada fokus pada pertanyaan kapan, atau fokus menyalahkan keadaan yang tidak sesuai harapan... ada baiknya kota fokus pada apa yang bisa kita lakukan dan apa yang bisa kita syukuri. 

Sooner or later, you'll realize.. Cepat atau lambat, kita akan menyadari.. bahwa setiap hal yang terjadi dalam hidup kita memiliki makna dan hikmah. Bahwa tidak ada hal yang sia-sia.

***

Keterangan:

Tulisan ini merupakan bagian dari #sabtulis. Apa itu sabtulis? Sabtulis adalah gerakan menulis di hari Sabtu bagi sobat yang ingin menjadikan malam minggunya lebih produktif, melatih kemampuan menyampaikan gagasan atau mengekspresikan diri melalui tulisan, serta membentuk kebiasaan baik dalam menulis. Mari ikutan!


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.