Time is Up!

Bismillah.

Time's up merupakan frase bahasa inggris yang menyatakan bahwa waktu yang disediakan sudah habis.
Time's up, collect your answer sheet! 
Waktunya habis, kumpulkan lembar jawabmu! 
Time's up biasanya dinyatakan di akhir batas waktu yang ditentukan, entah itu dalam ujian, pertandingan olahraga, atau acara lainnya.

Time is up, mengingatkan kita bahwa waktu kita terbatas. Sebelum waktunya habis, kita harus fokus pada hal yang harus kita kerjakan. Misalnya ingin ikut gerakan menulis Sabtulis, padahal sudah pukul 22.59, sebelum waktunya habis kita harus fokus menulis, jika sudah selesai kemudian mengisi formulir bit.ly/kumpulsabtulis.


Meski sudah tahu bahwa waktunya berbatas, kita tetap bisa menunda pekerjaan dan memilih menghabiskan waktu dengan distraksi. Padahal menunda bisa menimbulkan sesal di akhir, jika waktunya sudah habis, dan kita tidak bisa mengubah atau memutar ulang kembali. The time is up!

Waktu memiliki sifat untuk terus berjalan, dan kita, manusia memiliki kemungkinan besar untuk merugi. Pepatah mengatakan waktu itu uang, juga pedang. Intinya sama, agar kita tidak menyia-nyiakannya.

Sebelum waktunya habis, mari ingatkan diri untuk fokus pada tujuan dan hal-hal penting yang harus dilakukan. Jika keinginan menunda hadir, ingatkan dirimu bahwa waktunya terbatas. Kalau ini tentang durasi ujian yang jelas batas waktunya, 90 menit misalnya, mungkin kita lebih bisa fokus. Tapi kalau ini tentang hidup kita, yang penanda akhir waktunya adalah kematian, yang hadirnya sewaktu-waktu, entah 10 tahun lagi, atau 10 menit lagi. Sebelum time's up, mari jalani hari sebaik-baiknya. Jika jatuh, jangan habiskan waktu untuk menangisinya, segera bangkit dan lanjutkan langkah. Selama masih ada waktu, artinya kita juga masih diberi kesempatan untuk memperbaiki diri.

Sekian, time is up! Sudah malam, waktunya istirahat.

***

Keterangan:

Tulisan ini merupakan bagian dari #sabtulis. Apa itu sabtulis? Sabtulis adalah gerakan menulis di hari Sabtu bagi sobat yang ingin menjadikan malam minggunya lebih produktif, melatih kemampuan menyampaikan gagasan atau mengekspresikan diri melalui tulisan, serta membentuk kebiasaan baik dalam menulis. Mari ikutan!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.