I'm All Ears

I'm all ears, kalau diartikan secara asal dan perkata, aku semua telinga 👂. Aneh kan? Salah satu cara untuk tahu apakah ada idiom/frase bahasa inggris, adalah menerjemahkannya. Kalau artinya aneh, berarti ada frase atau idiom di sana.

I'm all ears, adalah frase yang bermakna aku siap mendengar. Anggap saja aku ini telinga yang terbuka dan bersedia mendengarkan ceritamu, keluh kesahmu, curahan hatimu.

***
I'm all ears, jadi jangan ragu untuk ungkapkan ceritamu. Mulai dari hal-hal kecil yang remeh, sampai hal-hal besar dalam hidupmu. Mulai dari cerita senyum tawamu, sampai masam dan tangismu.

I'm all ears, ceritakan padaku ketakutan dalam hatimu. Kekhawatiran yang membelenggu langkahmu. Memori di masa lampau yang terus menghantuimu. Juga lelah dan payahmu, rasa ingin menyerahmu. 

I'm all ears, ceritakan padaku harapan dalam hatimu. Asa yang membuat matamu bersinar dan kedua ujung bibirmu naik. Deskripsikan padaku orang-orang yang kau cintai. Apa yang membuatmu melangkah ke depan, meski ribuan duri siap melukaimu.

I'm all ears, meski aku masih belajar menjadi pendengar yang baik. Aku akan berusaha mendengar dan menyimak dengan cermat dan teliti. Sembari melihat matamu yang nyala redup, serta sesekali berlapis kaca. Aku akan berusaha mengenakan sepatumu, serta menyingkirkan prejudice di kepalaku. Aku akan menahan lidahku untuk menyela ceritamu. Belajar mendengar sampai tuntas, baru kemudian memberi respon. Bukan respon kosong atau sekedar anggukan kepala. Tapi respon yang akan meyakinkanmu, bahwa aku mendengarkanmu.

I'm all ears, maka berceritalah. Aku ingin mendengar suaramu. Pun membaca tulisanmu.

I'm all ears.. namun jika kamu masih ragu untuk bercerita padaku, kau bisa membisikkan ceritamu pada Zat Yang Maha Mendengar, Zat Yang Tidak Pernah Tidur, serta Zat Yang Dekat, Allah azza wajall.


***

Keterangan:

Tulisan ini merupakan bagian dari #sabtulis. Apa itu sabtulis? Sabtulis adalah gerakan menulis di hari Sabtu bagi sobat yang ingin menjadikan malam minggunya lebih produktif, melatih kemampuan menyampaikan gagasan atau mengekspresikan diri melalui tulisan, serta membentuk kebiasaan baik dalam menulis. Mari ikutan!







Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.